Senin, 30 Maret 2015

Kita (remaja) Juga Bisa Buka OS sendiri ! (Online Shop Ala Carolin)

   Hai pembaca setia (kalaupun ada), sekarang aku mau bagi-bagi pengalaman tentang kiat-kiat berbisnis lewat online shop.. Kita semua pasti udah kenal apa yang namanya online shop. Yap cara berjualan yang satu ini memang lagi buming2 nya sobat, cukup punya gadget dan akses internet yang memadai, kita udah bisa membuat online shop sendiri. Kira-kira hal-hal penting apa aja yang harus kita punya untuk memulai online shop? Penasaran? Check it out..
   Disini aku mau berbagi sedikit pengetahuan ku tentang online shop. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai online shop. Yang pertama pastinya kita harus punya gadget. Tanpa gadget kita gak akan bisa mengakses online shop kita secara teratur, repotkan kalau harus ke warnet dulu. Lalu yang kedua kita harus punya suplier. Ini penting banget buat kamu yang mau memulai online shop tapi ga punya modal sama sekali. Kamu bisa menjual kembali barang-barang yang kamu beli dari suplier lewat online shop yang kamu punya. Misalnya suplier kamu ini menjual bantal atau tas, atau barang-barang lain, lalu kamu foto barang-barang itu dan kamu pasarkan lewat online shop kamu. Setelah ada orang yang memesan dan sudah mentransfer uangnya, baru kamu beli barang itu dari suplier kamu dan kamu kirim ke customer kamu. Jadi kamu seperti pendistribusi. Tapi pastikan barang yang kamu jual dan foto yang kamu upload harus sama. Jangan sampai kamu mengecewakan pembeli. Setelah kamu mendapat banyak pesanan, dan dirasa kamu sudah cukup mendapatkan uang untuk membuat barang sendiri, kamu boleh mencoba memproduksi barang sendiri. Kalau bisa, biaya pembuatan barang ini harus lebih murah daripada harga suplier kamu. Dan satu modal lagi yang harus kamu punya adalah management waktu. Kamu harus bisa mengatur waktu, apalagi buat kamu yang masih usia sekolah dan ingin membuka online shop, jangan jadikan online shop ini sebagai tujuan utama, tapi tetap fokus pada belajar dan sekolah, karena perjalanan kita masih jauh bukan cuma buat online shop doang, tapi prestasi kita juga harus jalan. Kalau perlu kamu atur waktu mulai dari bangun pagi, lalu cek online shop kamu sebntar, lalu sekolah, lalu saat istirahat, lalu setelah pulang sekolah sisakan waktu 1 jam buat mengupdate kembali barang-barang yang kamu jual yang pastinya setelah kamu selesai mengerjakan tugas sekolah mu ya. Atau saat-saat senggang dan weekend disitu kamu bisa leluasa mengecek online shop kamu. Lalu bagaimana kalau tidak ada waktu sama sekali sedangkan kamu harus membalas message yang begitu banyak dari customer kamu? Kadang kan suka ada pembeli yang ga mau tahu, pokoknya barangnya harus sampai secepat mungkin, dan dia sms berkali-kali supaya barangnya dikirim, sedangkan kamu tidak sempat membalas sms tersebut karena kamu lagi sekolah atau lagi sibuk. Nah kamu bisa pake layanan sms kalau ga salah namanya auto message, kamu ketik aja di auto message itu "maaf pesan anda baru bisa dibalas pukul 6 sore" nanti dia secara otomatis akan mengirim sendiri ke customer kamu. Atau kalau perlu kamu bisa mengajak saudara atau teman kamu yang punya banyak waktu senggang untuk jadi asisten kamu menjawab pesan-pesan dari customer. Atau membantu mu mengawasi online shop kamu. Jadi udah ga ada alasan buat kamu untuk bilang ga bisa atau ga sempet untuk membuka online shop. Gimana? Tertarik untuk memulai bisnis online shop? Tunggu apalagi? Selama kamu menikmatinya kenapa enggak?
   Satu hal lagi, kalau kalian sudah mendapat untung, jangan lupa untuk memberi pada orang-orang sekitar yang kurang mampu, karena dengan begitu online shop kamu bisa bertambah maju dan berkembang. Sekian dulu dari saya, sampai jumpa di kiat-kiat saya selanjutnya, saya akan berbagi lebih banyak hal pada teman-teman sekalian. Sukses selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar